Billboard Ads

Optimasi Blog Dengan Menerapkan Seo

Optimasi Blog Dengan Menerapkan Seo

blogjatim.com Membangun blog atau situs web membutuhkan penelitian, kerja keras, dan banyak komitmen. Menilai kebutuhan awal Anda dan mengikuti parameter untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar menuju sukses bisa menjadi tugas yang menakutkan dengan blog mana pun.

Membuat checklist cara SEO blog Anda tidak bisa serta merta menjadi jaminan untuk mematuhi semua faktor SEO . Jika Anda baru memulai, kami sarankan Anda memanfaatkan bantuan satu atau dua konsultan SEO , karena membuat kesalahan pada langkah awal jalan dapat menyebabkan masalah berantai di masa mendatang.

Poin yang harus diperhatikan oleh para profesional SEO adalah bahwa meskipun beberapa solusi yang disajikan dalam pelatihan ini tidak secara langsung dianggap sebagai peringkat dan faktor SEO, ada alasan untuk menempatkan item tersebut.

Misalnya, meskipun pengkodean yang benar berdasarkan W3C tidak serta merta menghasilkan peringkat situs web yang lebih baik, hal itu membuat situs web ditampilkan dengan benar di berbagai platform dan browser. Selain itu, jenis pertimbangan ini mencegah penumpukan kode pada halaman dan meningkatkan kecepatan pemuatannya.

Beberapa item ini tidak secara langsung dipertimbangkan di antara faktor peringkat situs web, tetapi memengaruhi faktor lain yang memengaruhi SEO. Dalam hal ini, jangan lewatkan membaca pelatihan SEO komprehensif situs web Radzad.

Ada berbagai platform blogging seperti WordPress dan Drupal di pasaran, yang bisa Anda pilih sesuai selera. Tanpa penundaan, kami akan memperkenalkan item yang efektif dalam SEO blog.


1. Memilih kata kunci yang tepat

Memilih kata kunci yang tepat sangat penting. Jika Anda tidak menggunakan proses penelitian kata kunci untuk pertama kali menemukan kata kunci yang memiliki peluang untuk Anda rangking, Anda membuang-buang modal secara efektif. Inilah sebabnya mengapa analisis pesaing adalah awal yang baik untuk SEO blog Anda.

Analisis pesaing pada tingkat dasar sebenarnya melihat sepuluh dari mereka dan menemukan kata kunci yang mereka peringkat tinggi. Dari sini, Anda juga dapat menganalisis tautan pesaing untuk mengetahui teks jangkar mana yang sering menjadi tautan balik mereka. Jika Anda tertarik, Anda dapat memeriksa fitur-fitur lainnya juga.


2. Mengoptimalkan kata kunci dalam konten

Terlihat di banyak website bahwa webmaster tidak memperhatikan masalah ini dan tidak mengoptimalkan konten berdasarkan kata kunci tertentu.

Bertentangan dengan beberapa pendapat berbeda yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan di bidang ini, menggunakan kata kunci bukanlah hal yang buruk. Padahal, ini adalah penggunaan kata kunci yang berlebihan, yang dianggap bukan hal yang baik. Penggunaan kata kunci yang optimal dan alami dalam konten adalah salah satu solusi SEO.

Jika kata kunci utama suatu konten tidak digunakan dalam judul halaman atau deskripsi metanya, bagaimana Google dapat diharapkan untuk mengetahui sifat sebenarnya dari konten tersebut.


Selain itu, membuat banyak halaman untuk kata kunci (Kanibalisasi Kata Kunci) menciptakan persaingan antar halaman situs dalam peringkat. Tindakan ini tidak dianggap sebagai metode optimal dan mengarah pada pengoptimalan ekstrem. Skenario seperti itu mengurangi kemungkinan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi untuk halaman situs dan mengurangi efisiensi situs web.

Oleh karena itu, di awal pekerjaan apa pun, mulailah mencari kata kunci dan lakukan ini secara rutin untuk mencari tahu tentang kata kunci baru di bidang pekerjaan Anda.


3. Optimalisasi kata kunci pendukung

Berfokus pada kata kunci yang tepat adalah tempat yang baik untuk memulai, tetapi ini bukan obat mujarab untuk SEO dan pengoptimalan.

Anda harus menggunakan kata kunci yang dipilih dalam judul halaman, deskripsi meta, dan konten. Ini juga akan membantu untuk menggunakan kata kunci pendukung seperti keluarga yang sama dari kata kunci utama. Tentu saja, Anda tidak boleh berlebihan.


4. Optimalisasi kata kunci yang tepat dalam konten

Apakah kata kunci yang Anda pilih memiliki sedikit persaingan atau apakah itu salah satu kata kunci yang aktif di pesaing tangguh?

Beberapa pemula SEO hanya mengandalkan parameter seperti volume pencarian saat memilih kata kunci. Berhati-hatilah karena semakin banyak pencarian kata kunci, semakin banyak persaingan.

Lebih baik memilih kata kunci yang memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah dan lebih mudah untuk menentukan peringkat saat memulai sebuah situs web. Pada langkah selanjutnya, sebaiknya targetkan kata kunci yang memiliki jumlah pencarian dan persaingan yang tinggi. Peringkat untuk kata kunci yang sangat kompetitif dapat memakan waktu satu tahun atau lebih.

Bayangkan kata kunci dengan lebih dari satu juta pencarian bulanan. Persaingan dalam kata kunci semacam itu sangat tinggi dan peringkat di dalamnya membutuhkan banyak uang. Juga, untuk mencapai posisi ini, Anda harus menghasilkan banyak konten dan tautan.


5. Jumlah konten yang diproduksi

Berhati-hatilah karena produksi konten 4.000 kata setiap hari bukanlah jaminan peringkat di halaman pertama Google . Di bagian ini, yang kami maksud adalah menghasilkan konten yang cukup dengan tetap menjaga kualitasnya.

Dengan menganalisa website-website terkemuka di bidang bisnis Anda, Anda bisa mengetahui data seperti jumlah konten yang dihasilkan oleh mereka dan jenis konten tersebut. Jika Anda berniat memenangkan persaingan dengan situs web pesaing, Anda harus menerbitkan konten yang lebih baik dan mungkin lebih banyak dari mereka.


6. Kompatibilitas kode situs web dengan Doctype saat ini

Jangan berharap untuk menyalin dan menempel kode Doctype dari tempat lain dan semuanya akan berfungsi.

Gerakan seperti itu menyebabkan interferensi antar kode. Misalnya, menyalin data Doctype dari situs web yang ditulis dengan XHTML 1.0 ke situs web lain dengan HTML 5 tentu akan menimbulkan konflik.

Dalam situasi seperti itu, lebih baik menulis ulang kode situs web sesuai dengan bahasanya. Adanya gangguan pada kode situs web menyebabkan masalah dalam cara situs web ditampilkan pada platform yang berbeda. Masalah ini pada akhirnya merusak pengalaman pengguna situs web dan mengurangi efisiensinya.


7. Kecepatan memuat tinggi di versi seluler dan desktop

Kecepatan situs merupakan faktor penting dalam SEO saat ini. Parameter ini sangat penting bagi Google dan jika situs web tidak dioptimalkan dalam parameter ini, Anda akan menerima kerugian dari aspek ini. Google menyarankan kecepatan memuat 2 hingga 3 detik.

Tetapi jika Anda beroperasi di lingkungan yang sangat kompetitif, lebih baik tingkatkan kecepatan pemuatan situs web menjadi 1-2 detik. Pencapaian seperti itu akan membuat Anda mungkin memiliki kecepatan yang lebih baik dari setidaknya 90% pesaing Anda.


8. Tampilkan blog dengan benar di semua platform

Blog yang dirancang oleh Anda harus ditampilkan dengan benar di semua perangkat dalam berbagai ukuran. Jika tidak, Anda akan mengecualikan persentase pengguna dari bekerja dengan situs web Anda dan akibatnya, Anda akan kehilangan sumber lalu lintas.


9. Menggunakan plugin untuk mengoptimalkan gambar atau meningkatkan kecepatan website

Menggunakan plugin seperti Smush di WordPress mengompres gambar situs dan mengoptimalkannya.

Menggunakan plugin cache seperti W3 Total Cache juga akan mengurangi waktu loading website. Penting juga untuk memperhatikan pengunggahan video yang benar dalam hal ini.


Penting juga untuk memperhatikan plugin pengalihan HTTP ke HTTPS dan plugin pengalihan 301. Secara umum, plugin ini harus melakukan ini dengan kerumitan minimal.


10. Mengoptimalkan judul halaman

Saat membuat halaman, Anda harus berhati-hati agar kata kunci utama halaman digunakan setidaknya sekali di suatu tempat.

Berhati-hatilah untuk tidak menulis panjang judul halaman terlalu pendek atau terlalu panjang. Jika judul halamannya panjang, karakter tambahan lainnya mungkin tidak akan ditampilkan di hasil pencarian.


11. Pengoptimalan deskripsi meta

Salah satu cara mengoptimalkan meta description adalah dengan menggunakan kata kunci konten minimal satu kali. Juga, tulis deskripsi bagian ini tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Berhati-hatilah agar batas karakter deskripsi meta sesuai dengan batas pikselnya.

Meskipun Google telah secara langsung menyatakan bahwa ia tidak menggunakan deskripsi meta sebagai salah satu faktor peringkat, penggunaan yang benar setidaknya dapat mempengaruhi hasil secara tidak langsung.


12. Mengoptimalkan gambar situs

Mengoptimalkan gambar adalah wajib dalam proses SEO. Jika Anda menggunakan WordPress , plugin seperti Smush dapat banyak membantu Anda. Juga, jangan lupa untuk mengoptimalkan teks alternatif dari gambar.

Perhatikan bahwa sebenarnya tidak ada yang namanya tag alt. Istilah yang tepat untuk bagian ini adalah teks alternatif untuk gambar . Juga, kompres gambar dalam format Lossless sebelum mengunggah. Bentuk kompresi ini adalah bentuk kompresi terbaik untuk gambar.


13. Pendaftaran dan persetujuan blog di Google Search Console

Mendaftarkan blog di Google Search Console sangatlah penting. Platform ini akan memberi tahu Anda informasi bagus tentang situs web, lalu lintasnya dari Google, dan kesalahan di dalamnya.

Selain itu, jika situs web Anda dihukum oleh Google, Anda mungkin akan menerima pemberitahuan di bagian ini, sehingga Anda dapat mengambil langkah yang diperlukan untuk kembali ke hasil Google. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti tutorial di Google Search Console .


14. Menjalankan Google Analytics

Melakukan ini sangat sederhana, tetapi telah diamati berkali-kali bahwa pengguna telah menggunakan ID yang salah atau tidak repot-repot menyiapkan Google Analytics sama sekali. Meninjau situs web yang tidak memiliki data Google Analytics adalah tugas yang sulit.


15. Memeriksa keberadaan anjungan trekking lainnya

Jika Anda menggunakan sistem pelacakan selain Google Analytics, Anda harus memastikan bahwa sistem tersebut disiapkan dengan benar. Jika tidak, Anda akan kehilangan data dan informasi yang umumnya tidak lengkap.


16. Penerapan sertifikat keamanan yang benar

Kegagalan untuk menerapkan sertifikat keamanan dengan benar di situs web akan menyebabkan kesalahan pada browser dan masalah ini sama sekali tidak menguntungkan Anda. Pastikan sertifikat keamanan yang dipasang di situs web disiapkan untuk domain Anda.

Juga, pastikan sertifikat keamanan aktif untuk semua bagian situs web.


17. Implementasi buletin

Hanya dengan membuat konten, Anda tidak dapat mengharapkan pengguna secara otomatis mengunjungi situs web Anda dan membaca konten tersebut.

Dalam kondisi nyata, Anda harus memiliki daftar email yang telah Anda kumpulkan dari pengguna situs web dan memberi tahu kontak Anda melalui buletin saat memposting konten menarik di blog.


18. Optimalisasi teks jangkar

Jangan pernah berlebihan menggunakan teks jangkar dan jangan menulis semua tautan internal dari konten yang sama dengan teks tetap. Jika teks tautan dari tautan artikel tidak dapat berupa apa pun selain teks tetap, jarang menggunakannya.


19. Tampilan blog yang benar untuk tampilan layar yang berbeda

Berhati-hatilah agar tombol blog ditampilkan dalam ukuran yang benar di perangkat seluler. Tidak ada yang suka tombol situs web terlalu kecil di perangkat seluler mereka.

Selain itu, jangan lupa bahwa gambar dan grafik website di ponsel memiliki kualitas yang baik.


20. Uji kecepatan situs web di perangkat seluler

Dua masalah kecepatan seluler dan situs adalah salah satu faktor yang memengaruhi algoritme Google saat ini . Ini berarti kegagalan menampilkan blog Anda dengan benar di ponsel dan kecepatan memuatnya yang lambat di perangkat ini akan menyebabkannya difilter dari halaman pertama hasil Google.


21. Perhatian terhadap panjang konten untuk pengguna seluler

Membuat 5000 kata untuk setiap konten situs bukanlah sesuatu yang diminati oleh pengguna seluler.

Tentu saja, ini tidak berarti kami tidak memproduksi konten panjang, tetapi terkadang kami membuat konten pendek dan menarik untuk pengguna seluler. Berhati-hatilah karena menampilkan versi pendek dari konten panjang untuk pengguna seluler bukanlah sesuatu yang disetujui Google.


22. Tes pengalihan yang benar di blog versi seluler

Jika Anda telah merancang versi terpisah untuk pengguna seluler Anda, pastikan pengguna ditransfer ke versi tersebut dengan benar. Selain itu, jika keberadaan versi terpisah untuk seluler tidak dibenarkan, lebih baik pikirkan tentang desain responsif dan lewati manfaat versi terpisah untuk seluler.


23. Penyelarasan blog dengan saluran pemasaran

Secara umum, ini bukan salah satu faktor SEO, tetapi lebih baik memperhatikannya bersama dengan SEO. Sasaran yang berbeda dalam proses pemasaran memerlukan jenis penulisan yang berbeda.

Tentu saja, gaya tulisan Anda berbeda untuk seseorang yang ingin membeli dari Anda daripada orang lain yang hanya mencari informasi. Dengan cara yang sama, menulis untuk pelanggan toko online harus memiliki gaya yang berbeda dengan menulis untuk orang yang mencari real estat.

Mempertimbangkan hal ini, Anda dapat memiliki pendekatan yang lebih baik dan tidak menyimpang dari kebutuhan utama pengguna. SEO telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan tidak lagi terbatas pada menemukan kata kunci dan mengoptimalkannya. Hari ini, dengan SEO, Anda terlibat dalam parameter kompleks lainnya seperti pengalaman pengguna dan niat pengguna.


24. Ubah pengguna menjadi pelanggan di blog

Dalam melengkapi blog Anda, Anda harus memperhatikan CTA (call to action). CTA di blog meliputi hal-hal berikut:


Hubungi kami tombol

Formulir hubungi kami

Iklan yang mendorong pengguna untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda

Spanduk

Pengguna tidak akan dapat memahami hal-hal ini tanpa bimbingan Anda. Melakukan tes A/B pada tombol dan CTA akan membantu Anda mendesain blog Anda ke arah yang benar.


25. Adanya tombol berlangganan di jejaring sosial untuk posting

Di banyak bisnis, ini bukan pilihan. Anda tentu tidak dapat menebak dengan tepat dari saluran mana pengguna Anda akan membagikan posting situs web Anda, jadi berfokus pada jejaring sosial yang paling penting dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas.


Ini bukan satu-satunya poin yang terbatas pada mereka

Meskipun masih ada tips SEO lainnya untuk membantu blog Anda, namun tips tersebut adalah yang paling penting untuk pelacakan dan pengindeksan blog yang lebih baik.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda akan memastikan bahwa blog Anda memiliki kekuatan yang cukup untuk bersaing dengan pesaing Anda lainnya di mesin pencari. Kiat lain hanya akan membantu Anda memiliki kehadiran yang lebih kuat dalam hasil pencarian.

Baca Juga
Posting Komentar