Billboard Ads

Mengajarkan 15 metode pengoptimalan video dan SEO untuk situs

Mengajarkan 15 metode pengoptimalan video dan SEO untuk situs

blogjatim.com - Menurut Statista , pada tahun 2022, orang akan menghabiskan rata-rata 19 jam seminggu untuk menonton video online! Menurut statistik tersebut, wajar jika produksi konten video telah menjadi salah satu strategi kunci pemasaran konten dalam beberapa tahun terakhir. Terlepas dari berapa banyak uang dan waktu yang Anda habiskan untuk membuat konten video, apakah Anda berhasil membuat video muncul di hasil pencarian pertama? Pada artikel ini, dengan bantuan konsep yang disebut SEO video , Anda akan mempelajari bagaimana Anda dapat membawa video Anda tenggelam di kedalaman halaman web ke tingkat tertinggi mesin pencari (Google dan YouTube).


Apa itu SEO Video?

Video SEO berarti tindakan yang mengarah pada pengoptimalan video untuk mesin telusur . Konten tekstual bukan satu-satunya konten yang membutuhkan SEO, tetapi gambar, podcast, file PDF, dan video juga di-SEO. Video SEO mengacu pada tindakan apa yang membantu mengoptimalkan video untuk pengindeksan dan peringkat di halaman hasil mesin pencari. Panduan SEO video untuk mesin pencari Google mirip dengan mesin pencari lainnya; Namun di bagian selanjutnya kita akan membahas secara detail tentang video SEO di Google dan YouTube.


Mempersiapkan kondisi untuk pengindeksan video

Mesin pencari tidak dapat dengan mudah mengenali informasi video yang disematkan di halaman web. Itulah mengapa Anda perlu memberikan metadata kepada perayap untuk mengumpulkan informasi berikut untuk video Anda.

  1. Judul video
  2. Deskripsi video
  3. Durasi video
  4. Tanggal upload video
  5. Menentukan lokasi video
  6. Gambar untuk menampilkan video

Disarankan untuk menambahkan kode skema video dalam format JSON ke halaman sehingga video diindeks lebih cepat dengan perayapan pertama robot.


Memeriksa apakah video diindeks atau tidak di Google

Untuk memastikan video Anda diindeks, cara termudah adalah mencari google.com/video dan memasukkan URL halaman tempat video itu berada di kotak pencarian. Jika hasil pencarian ini menyertakan video, berarti Google telah berhasil meng-crawl dan mengindeks konten video di halaman Anda. Jika tidak, gunakan alat Penguji Hasil Kaya Google atau konsol pencarian Anda untuk mengidentifikasi alasan dan masalah tidak menampilkan video di hasil pencarian.


Alat-alat ini akan memberi tahu Anda apakah halaman memenuhi syarat untuk hasil video atau tidak. Itu juga menunjukkan metadata yang membantu Google menganalisis video Anda. Jika Anda tidak dapat melihat hasil video situs Anda di alat ini, Anda mungkin belum menambahkan metadata yang diperlukan ke video, atau Anda mungkin mencegah video dirayapi dengan memblokir perenderan javascript atau instruksi tertentu.


Apa pentingnya pengoptimalan video dan SEO?

Berbagai statistik menunjukkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, konten video telah menjadi konten yang paling banyak dikonsumsi yang dapat menghasilkan lalu lintas situs yang signifikan. Hal ini menyebabkan pemilik bisnis lebih memperhatikan SEO video situs web mereka untuk meningkatkan penjualan dan tingkat konversi.

Beberapa hasil pencarian di Google berorientasi pada video, dan pengguna ingin menonton video dengan mencari di Google, jadi Anda perlu SEO video situs Anda untuk ditempatkan di hasil Google SERP. Masalah ini menggandakan pentingnya SEO untuk video di area ini.


Strategi dan teknik optimasi SEO dan video untuk mesin pencari

Teks video

Tugas pertama Anda untuk mengoptimalkan video dalam hasil pencarian adalah memilih judul yang ramah SEO dan cukup menarik untuk mendapatkan klik dari pengguna. Lihat istilah apa yang dicari pengguna di sekitar topik. Ingat penelitian kata kunci, ulangi langkah yang sama persis untuk video Anda. Pilih judul menurut istilah penelusuran populer pengguna. Selain SEO, Anda juga harus memperhatikan daya tarik headline. Gunakan trik menulis headline seperti menciptakan rasa ingin tahu, takut, empati untuk menulis headline.


Memilih sampul video (thumbnail)

Lihat sampul video seperti poster film, yang merupakan aset promosi terpenting untuk film. Cover atau thumbnail yang juga berarti thumbnail adalah gambar yang ditampilkan kepada penonton sebelum memutar video. Semakin menarik sampulnya, semakin banyak pengguna yang terdorong untuk memilih video Anda. Untuk memilih cover yang efektif, pertimbangkan 3 poin berikut:


Warna yang Anda pilih untuk desain sampul harus cerah dan kontras dengan latar belakang.

Jika seseorang akan berbicara di video, lebih baik menggunakan gambarnya di desain sampul.

Penggunaan teks yang pendek dan mudah dibaca pada sampul akan menyampaikan lebih banyak informasi kepada pengguna dan meningkatkan daya tariknya bagi khalayak.

Tulis deskripsi untuk video tersebut

Sama seperti deskripsi meta atau deskripsi meta yang penting untuk konten teks, untuk video, Anda juga harus menyertakan deskripsi yang sesuai dengan konten video di halaman. Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang terkait dengan judul dan topik video dalam deskripsi video.


Perhatikan waktu video

Tidak ada waktu yang optimal untuk menampilkan video di hasil penelusuran; Namun untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, cobalah membuat video sesuai dengan waktu audiens target Anda. Misalnya, jika konten video tentang pengenalan produk, durasinya harus di bawah 2 menit. Namun jika tujuan video tersebut adalah untuk mereview produk atau untuk mengajarkan versi trial, kemungkinan besar waktu yang cocok antara 3 sampai 5 menit. Untuk video yang memiliki format percakapan atau seharusnya memberikan penjelasan detail kepada pengguna, durasi video diharapkan mencapai lebih dari 20 menit.


Catat tanggal upload video

Peringkat beberapa konten video bergantung pada seberapa baru dan terkini topik video tersebut dan masih relevan bagi pengguna. Untuk jenis konten ini, Anda perlu memperbarui video secara teratur agar mendapat peringkat yang baik dalam hasil. Memperbarui bukan berarti membuat video baru dengan segala kekurangannya, tetapi jika Anda dapat menambah atau menghapus sesuatu dengan sedikit edit, itu berarti video Anda diperbarui dan baru bagi pengguna.


Sisipkan subtitle untuk video

Semakin baik Google memahami konten video, semakin baik peringkatnya di SERP. Menempatkan teks dalam video (Transkrip) adalah salah satu tindakan yang diperlukan untuk SEO video. Dengan cara ini, Google mendapatkan lebih banyak informasi tentang video Anda dan menampilkannya di hasil pencarian pertama pengguna.


Pembuatan tautan untuk video

Di web, setiap kali tautan mengarah ke suatu halaman, itu dapat berdampak langsung pada peringkat halaman itu. Ini juga berlaku untuk video. Video adalah alasan yang bagus untuk membangun backlink, menarik lebih banyak lalu lintas dan, sebagai hasilnya, SEO situs. Salah satu cara membuat tautan untuk video adalah dengan menerbitkan laporan iklan dan memasukkan video ke dalam kontennya.


Di Tribune Panel, beberapa media memungkinkan bisnis untuk memasukkan film pendek dalam liputan iklan mereka. Dengan metode penautan ini, kemungkinan konten video Anda terlihat di hasil pencarian Google akan meningkat.


Membuat Peta Situs Video

Terlepas dari kenyataan bahwa setiap situs memiliki peta situs , peta situs baru dapat dibuat untuk memberikan informasi video seperti ukuran, thumbnail, dll. Tentu saja, informasi ini dapat ditambahkan ke peta situs utama situs, dan tidak masalah metode mana yang Anda pilih, dan satu-satunya hal yang penting adalah membuka jalan bagi mesin pencari untuk mengindeks video.


Menggunakan skema video (Markup Skema Video)

Skema video adalah potongan kode terstruktur yang membantu mesin telusur mengidentifikasi konten video dari halaman dan memberikan informasi kepada mesin telusur seperti topik video, tanggal upload, URL thumbnail, durasi, dan lainnya.


Patuhi format yang sesuai untuk video

format mp4 dan webm adalah format yang paling berguna dan optimal untuk video; Karena mereka mudah dipadatkan dan kompak. File dalam format WebM berukuran lebih kecil dibandingkan dengan MP4; Tetapi mereka hanya didukung oleh Chrome dan Firefox. File MP4 ditampilkan lebih baik di ponsel dan didukung oleh semua browser.


Memilih pemain yang tepat untuk video

Jenis pemutar berpengaruh pada SEO video yang lebih baik. Karena teknologi browser yang diperbarui, gunakan pemutar html5 alih-alih pemutar flash, yang tidak lagi didukung oleh Google.


Kepatuhan dengan volume video yang optimal

Sebelum memublikasikan video, pastikan untuk memperkecil ukuran file ke titik yang tidak merusak kualitasnya. Jelas, file yang lebih kecil akan ditampilkan kepada pengguna lebih cepat dan menghabiskan lebih sedikit sumber daya dari server situs Anda dan Internet pengguna. Gunakan alat Blazemp dan HandBrake untuk memperkecil video.


Publikasikan video di berbagai platform

Miliki rencana untuk distribusi dan distribusi video yang logis sehingga kontennya sampai ke pengguna dengan baik. Nyatanya, jangan hanya memublikasikannya di situs Anda, tetapi juga dapatkan bantuan dari platform lain dan jejaring sosial Anda untuk meningkatkan peluang mendapatkan hasil pertama dari penelusuran pengguna. Tentu saja, jangan lupa untuk tidak menggunakan deskripsi, judul, dan tag duplikat di semua platform. Pastikan untuk mengubah judul, frekuensi kata kunci, atau bahkan tombol CTA setiap kali Anda menerbitkan di platform baru.


Kepatuhan dengan ukuran tampilan video standar

Mengenai kualitas gambar, dimensi paling umum untuk menampilkan video adalah 16:9 dan 4:3; Tetapi rasio ini bukan satu-satunya pilihan Anda. Bergantung pada platform atau bahkan jejaring sosial apa video akan dipublikasikan, Anda harus memilih dimensinya yang sesuai. Menurut pedoman Google untuk pengoptimalan video, Anda harus menyertakan lebar sekitar 140 hingga 1080 piksel dan tinggi minimum 140 piksel, video harus setidaknya 1/3 dari lebar layar, tetapi tidak lebih lebar dari layar.


Klasifikasi video

Baik Anda memublikasikan video di situs Anda sendiri atau di Apparat, Anda harus menempatkannya di halaman yang paling relevan dan dalam kategori tertentu. Anda dapat mengkategorikan video situs dan platform dengan tag sehingga pengguna dapat mengakses video dengan lebih mudah. Jika topik videonya adalah "tutorial Photoshop", jangan sertakan di antara video "Tutorial ilustrator".


Mengukur lalu lintas situs dari hasil penelusuran video

Bagian penting dari pengoptimalan video adalah Anda dapat melacak penayangan video dari waktu ke waktu. Bagian yang disebut "Halaman video" di konsol pencarian situs menunjukkan kemungkinan kesalahan indeks video dan sejauh mana tampilannya dalam pencarian pengguna. Anda juga dapat melihat statistik lalu lintas organik mendetail dari video situs dari bagian "Kinerja" di konsol pencarian dan dengan menyetel filter Jenis Pencarian ke Video.


Video SEO untuk YouTube

Seperti Google, YouTube memiliki kriteria tertentu untuk menentukan peringkat video. Video di platform ini menerima lebih banyak penayangan dan lalu lintas yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan cara terbaik. Secara umum, algoritme YouTube memutuskan video mana yang akan ditampilkan untuk frasa mana dengan memeriksa elemen-elemen berikut:


  • Judul video
  • Deskripsi Video
  • Jumlah tampilan, komentar, dan suka
  • Waktu menonton video
  • Dengan mengikuti 8 poin di bawah ini, Anda bisa berada di puncak hasil video YouTube lebih dari sebelumnya.


Menggunakan kata kunci dalam judul video

Gunakan alat SEO umum untuk menemukan kata kunci yang terkait dengan topik konten dan memasukkannya ke dalam judul video. Cara lain untuk melakukan penelitian kata kunci adalah mendapatkan ide dari saran kotak pencarian dan judul video populer dan memasukkannya ke dalam daftar judul Anda. Judul video tidak boleh kurang dari 5 kata dan kata kunci harus diletakkan di awal judul.


Tulis deskripsi video yang sesuai

Salah satu faktor terpenting peringkat SEO YouTube adalah menulis deskripsi yang kuat dan lengkap tentang subjek video. Biasanya, beberapa baris pertama deskripsi adalah bagian kunci untuk dipahami, dan sebaiknya sertakan kata kunci yang relevan di sini.


Tagar untuk video

Sesuai dengan topik konten video, gunakan kata kunci sebagai tagar dalam deskripsi video. Lebih baik memilih hashtag dari antara kata kunci utama, kata kunci sekunder, dan kata kunci LSI . Misalnya, untuk video dengan topik "tutorial desain situs web", menggunakan tag seperti "desain situs web WordPress", "Membangun situs web dengan WordPress", dan "Tutorial desain situs web WordPress" dapat berguna dalam menentukan peringkat video di YouTube platform.


Tips memilih hashtag yang tepat:

Hanya gunakan tagar yang terkait dengan video. Misalnya, jangan gunakan tagar nama aktor terkenal atau trending topik pada video yang mengulas film tertentu untuk meningkatkan penayangan saluran Anda secara tidak benar.

Jangan mengisi bagian deskripsi dengan hashtag. YouTube mengabaikan video yang memiliki lebih dari 15 tagar untuk ditampilkan kepada pengguna.

Pilih thumbnail video

Gambar unggulan adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat mereka memutuskan untuk mengeklik video Anda atau tidak. Aturan yang sama yang kami sebutkan dalam memilih sampul yang tepat untuk video di bagian sebelumnya juga berlaku untuk video YouTube. Sampul atau thumbnail video dapat dirancang sesuai dengan topik konten video sehingga pengguna memahami tentang video Anda dan bagaimana hal itu akan membantu mereka.


Kiat pemilihan gambar kecil:

  • Resolusi sidik jari harus tinggi; Namun pertahankan ukurannya menjadi 2 MB.
  • Gambar unggulan dalam resolusi 720x1280 piksel dan dalam format .JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG. desain
  • Fakta tentang algoritma YouTube
  • Algoritme YouTube mencakup algoritme halaman utama dan algoritme video yang disarankan
  • 2 algoritme YouTube dikenal sebagai sistem rekomendasi
  • Sebagian besar lalu lintas video dihasilkan oleh sistem rekomendasi YouTube, bukan hasil penelusuran.
  • Sistem rekomendasi YouTube menawarkan video yang disesuaikan untuk setiap pengguna
  • Video di YouTube ditampilkan berdasarkan minat pengguna.
  • Jumlah klik dan penayangan video pada tahun 2011 menjadi sinyal peringkat teratas.
  • Total waktu menonton video adalah sinyal peringkat teratas pada tahun 2012
  • Dari tahun 2015 hingga saat ini, kepuasan pengguna adalah sinyal peringkat teratas di YouTube.
  • Jumlah klik pada "tidak tertarik", jumlah "Suka dan tidak suka", durasi rata-rata menonton video, dan persentase rata-rata penayangan video merupakan sinyal untuk mengukur kepuasan pengguna.
  • Pemeringkatan video di halaman utama YouTube didasarkan pada interaksi pengguna dan aktivitas mereka sebelumnya.
  • Tujuan dari algoritme video yang disarankan YouTube adalah untuk memahami video mana yang paling sering ditonton bersama.
  • Faktor-faktor seperti minat, musim topik, dan tingkat persaingan memengaruhi tampilan video YouTube yang disarankan.
  • Kiat yang membantu SEO dan meningkatkan penayangan video YouTube
  • Saatnya menonton video

Tidak ada ukuran pasti untuk durasi video YouTube; Namun seperti bagian sebelumnya dan solusi pengoptimalan video untuk mesin telusur, lebih baik mempertimbangkan selera audiens dan topik konten serta mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Menurut pengalaman orang dan indikator YouTube, video dengan durasi lebih lama bisa menjadi kandidat peringkat teratas.


Umpan balik pengguna untuk video

Interaksi pengguna (komentar, suka, bagikan, dll.) dalam bentuk apa pun memberikan sinyal ke algoritme YouTube bahwa pengguna terlibat dengan baik dengan konten. Akibatnya, umpan balik pengguna yang baik dapat meningkatkan posisi video sampai batas tertentu.


Berlangganan ke saluran video

Selain fakta bahwa reaksi pengguna terhadap video penting untuk YouTube, jika pengguna memutuskan untuk berlangganan atau mengikuti saluran Anda setelah menonton video, itu berarti kontennya menarik dan bermanfaat. Jadi, jumlah subscriber bisa menjadi salah satu alasan logis untuk meningkatkan rating video.


Klasifikasi tematik video

Menempatkan semua video dalam kategori tematik tertentu (daftar putar) membantu pengguna menemukan konten yang mereka inginkan lebih cepat dan mengakses koleksi video terkait. Jadi, pada saat mengunggah, masukkan saja video yang memiliki kesamaan tema ke dalam daftar. Misalnya, jika Anda akan menerbitkan video setiap minggu dengan topik "Rekrutmen di startup", buat daftar putar dengan judul yang sama di saluran tersebut.


Di mana kita harus mengunggah video?

Untuk mengunggah video, Anda dapat menggunakan platform penerbitan video dan mengunggahnya langsung ke host situs. Tidak ada preferensi di antara metode-metode ini; Namun berdasarkan kelebihan dan keterbatasan yang akan kita bahas kasus per kasus, putuskan mana yang cocok untuk tujuan Anda.


Tujuan penerbitan video merupakan faktor penting yang mempengaruhi pilihan platform upload video. Misalnya, jika Anda akan mempublikasikan video dengan tujuan periklanan, memperkenalkan produk, atau meningkatkan kesadaran merek, platform seperti Aparat adalah pilihan yang ideal. Untuk video yang mendidik dan pengguna ingin melihat video di hasil penelusuran mereka, baik kamera maupun host situs adalah opsi yang bagus.

Mengunggah semua video di situs Anda membutuhkan banyak bandwidth dan menghabiskan uang, dan tidak logis mengunggah semua video dengan cara ini. Saat Anda menentukan video berdasarkan tujuannya dan memutuskan untuk mengunggah beberapa ke kamera, misalnya, pengguna akan menggunakan bandwidth platform untuk menonton video. Oleh karena itu, di situs yang memiliki bandwidth terbatas atau tidak memiliki biaya untuk meningkatkannya, lebih baik menggunakan perangkat.

Secara umum, jangan hanya mempublikasikan video di platform, dan untuk berdampak pada SEO situs, disarankan agar Anda menampilkannya di situs Anda setelah mengunggahnya ke Apparat atau bahkan YouTube.


Apakah video yang dipublikasikan di YouTube berperingkat lebih baik di hasil Google?

TIDAK Google tidak memberikan poin peringkat khusus untuk bisnis yang menggunakan YouTube untuk menghosting video situs mereka. Dengan cara yang sama, menggunakan hosting web Google atau produk Google lainnya tidak meningkatkan peringkat.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan Google untuk mengindeks video?

Google menggunakan perayap khusus yang disebut "Video Googlebot" untuk mengindeks konten video, yang tidak seaktif Googlebot. Oleh karena itu, bergantung pada ukuran video dan kredibilitas situs, mungkin diperlukan waktu beberapa hari agar video dapat dilihat di hasil Google.


Apa perbedaan antara SEO video dan SEO video untuk YouTube?

Video SEO adalah serangkaian kegiatan yang membantu meningkatkan lalu lintas situs dari konten video di Google, Bing, dan mesin pencari lainnya. Sedangkan YouTube SEO berarti video Anda ditampilkan kepada pengguna di sebagian besar pencarian dan video terkait di platform YouTube. Meskipun YouTube dikenal sebagai mesin pencari konten video, namun tetap merupakan platform yang proses pengoptimalan kontennya berbeda dengan Google.


kata terakhir

Pada artikel ini, kami menyebutkan solusi SEO video untuk mesin telusur Google dan YouTube dan membahas beberapa pertanyaan penting tentang waktu pengindeksan video. Terakhir, selain mengamati poin-poin ini, jangan abaikan analisis entri situs melalui video dan gunakan metode yang disebutkan untuk meningkatkan penayangan video di YouTube dan Google.

Baca Juga
9 komentar
  1. Dunia Kita du-ki.com
    18 Agustus 2023 pukul 20.09
    Panduanya sangat lengkap dan mudah dimengerti dan diterapkan. Terimakasih atas informasinya, ini sangat bermanfaat
  2. CodeFlare
    18 Agustus 2023 pukul 20.43
    Dengan mengajarkan 15 metode pengoptimalan video dan SEO yang efektif, kita akan dibekali dengan pemahaman alat-alat penting untuk meningkatkan visibilitas konten mereka secara signifikan. Terimakasih sudah share artikel yang bermanfaat, tetap semangat mase...
  3. Unknown
    19 Agustus 2023 pukul 11.42
    Teryata video juga harus punya peta situs baru tau saya
  4. Pengusaha muda
    19 Agustus 2023 pukul 12.07
    Naahhh ini sangat membantu menambah pengetahuan
    • Admin
      19 Agustus 2023 pukul 13.42
      iya kak basic seo lebih penting untuk mengoptimalkan meain pencarian
  5. Tomy Tegar
    19 Agustus 2023 pukul 12.13
    Wow, ternyata pembuatan & upload konten video pun harus menerapkan skema SEO yg bener supaya mudah mendapat viewer.. Trims udah share informasi mas, sangat bermafaat
    • Admin
      19 Agustus 2023 pukul 13.42
      ada kak beberapa orang mencari keyword di google seacrh yang muncull video platrom youtube
  6. Hidayatisri
    19 Agustus 2023 pukul 15.02
    Kirain video hanya tinggal upload ajah terus done. Ternyata bener" mengandalkan SEO dan indeksnya juga. Okee deh kak, makasih
    • Admin
      19 Agustus 2023 pukul 23.07
      iya kak setidak nya tau dasar seo sangat bagus buat jangka panjang